IT FEST 2018 : Campaign Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Melawan HOAX

Posted by microipb on 7 November 2018

BOGOR – Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini diresahkan oleh banyaknya berita bohong atau yang lebih dikenal dengan istilah “hoax” yang bermunculan di dunia maya yang dibuat oleh sejumlah oknum tidak bertanggungjawab. Jika tidak berhati-hati dan mengkaji ulang berita yang dibaca, warga-net atau yang kerap disebut netizen dengan mudah mempercayai berita palsu tersebut, bahkan ikut menyebarkan berita yang padahal belum terbukti kebenarannya. Akibatnya pun bisa berdampak luas, mulai dari fitnah hingga dapat terjerat undang-undang ITE yang berlaku.

Semakin khawatir dengan kondisi tersebut, Himavo Micro IT menyelenggarakan sebuah rangkaian acara yang terdiri atas Talkshow dan Short Movie Competition bernama IT Fest 2018. Acara yang mengusung tema Fact Vs. Hoax; Be A Smart Citizen ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi Himavo Micro IT dalam mensosialisasikan bagaimana caranya menjadi masyarakat dan netizen yang cerdas dalam menerima Hoax.

Rangkaian acara IT Fest 2018 diawali dengan dibukanya pendaftaran Short Movie Competition yang diadakan dari tanggal 21 Juli – 25 September lalu. Lomba yang mengangkat tema “Sumpah Pemuda” ini diadakan untuk kategori SMA/SMK sederajat dan kategori umum, dan memperebutkan Juara 1-3 dan hadiah total jutaan rupiah. Masing-masing kategori pun diberikan sub-tema nya masing-masing, yakni “Semangat Membangun Negeri Melalui Teknologi dan Inovasi Pemuda Pemudi untuk kategori SMA/SMK sederajat, dan “Pemanfaatan Teknologi Dalam Membangun Moralitas Anak Negeri” untuk kategori umum.

Berbagai komunitas sekolah dan kampus berlomba-lomba mengikuti Short Movie Competition dengan mengupload karya terbaiknya ke Instagram & Youtube. Adapun pemenang diumumkan pada tanggal 7 Oktober 2018 melalui instagram resmi Himavo Micro IT, serta diundang langsung ke Talkshow IT Fest 2018 sekaligus pemberian hadiah.

Selain Short Movie Competition, IT Fest 2018 juga melaksanakan Talkshow yang diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2018. Talkshow yang berlokasi di Gedung Kemuning Gading Bogor ini mengundang sejumlah narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, yakni Drs. Firdaus, M.Si selaku ketua dari Diskominfostandi Kota Bogor, Tommy Dian Pratama selaku CTO Dailysocial.id, serta M. Ali Ghifari sebagai produser dan scriptwriter Film Maker Muslim. Talkshow yang dimoderatori oleh Leonita Noviandri ini pun berlangsung sangat menarik, karena membahas mengenai berita hoax, cara membedakan berita yang benar dan tidak, serta cara menanggulangi berita hoax. Peserta pun sangat antusias selama berjalannya acara, hingga melakukan beberapa kali sesi tanya-jawab dengan ketiga narasumber.

Antusiasme lebih dari 250 peserta yang hadir tidak berhenti pada saat sesi Talkshow saja, karena peserta juga dihibur oleh lantunan musik dari band asal UKM MOV IPB, Meraki, serta melihat pameran project dari tiga program studi yang berada dibawah naungan Micro, yakni Komunikasi, Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer. Peserta yang datang pun mendapatkan snack, seminar kit, sertifikat, dan tentunya mendapatkan banyak pengetahuan dari narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Setelah terlaksana dengan sukses, IT Fest 2018 diharapkan dapat memberikan dampak positif serta dapat dirasakan oleh berbagai pihak, agar kedepannya lebih cerdas dalam pentingnya memilih informasi, tidak mudah termakan berita yang belum tentu valid, serta lebih aktif untuk menyebarkan hal yang positif. Himavo Micro IT selaku penyelenggara pun berharap melalui rangkaian acara ini, kontribusi Micro sebagai organisasi mahasiswa dapat lebih dirasakan dan lebih berdampak oleh lingkungan sekitar.